...About This Life...

10 Desember 2008
Mereka Juga Punya Harapan

Tidak terasa sebentar lagi sudah tahun baru. Itu berarti tahun ini sudah hampir berakhir. Jadi ingat harapan-harapan untuk tahun ini, kira-kira ada yang terkabul nggak ya? Tapi kali ini saya nggak mau ngomongin tentang harapan-harapan saya di tahun ini yang terkabul atau nggak, yang terkabul saya bersyukur, yang nggak terkabul...whatever!!!

Ini tentang penugasan beberapa hari lalu, untuk membuat vox pop atau profil masyarakat sekitar tentang harapan mereka di tahun 2009 mendatang. Orang-orangnya bebas, dari petinggi hingga rakyat biasa, dari pejabat hingga pengangguran. Intinya, saya harus mewawancarai sekitar 10 sampai 15 orang dengan profesi yang berbeda dengan konsep, “nama saya...pekerjaan saya...di tahun 2009 nanti saya berharap...” seperti itulah kira-kira mereka harus sampaikan. Awalnya saya pikir itu gampang, namun prakteknya nggak segampang seperti yang saya pikirkan, apalagi cuma dikasih waktu 2 hari. Kenapa saya jadi berpikir nggak gampang, karena kita harus cari narasumber yang beda dengan yang lainnya dan vox pop ini harus terkumpul 2009 orang dari berbagai profesi di seluruh Indonesia untuk disiarkan di akhir tahun nanti.

Seharian saya muter-muter kota cari ‘target operasi’ siapa yang kira-kira mau menyampaikan harapannya dan bisa masuk televisi secara gratis. Target pertama adalah Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang menyampaikan harapannya agar di tahun depan tidak ada bencana di Jawa Tengah, kemudian Ibu Wakil Gubernur yang punya harapan mengurangi angka pengangguran, terus...polisi lalu lintas, supir angkutan, tukang sayur, tukang parkir, tukang becak, mahasiswa, dan buruh. Dari pagi sampai sore baru dapat 9 orang.

Sepertinya susah banget cari 15 orang dalam sehari saja kok nggak bisa. Masalah sebenarnya adalah mengarahkan mereka untuk menyampaikan harapannya dengan konsep diatas dan hal yang saya kira gampang itu menjadi tidak gampang bagi mereka, apalagi mereka harus ngomong di depan kamera. Macam-macam reaksi dari mereka ada yang mukanya tegang, ada yang nervous sampai lupa mau ngomong apa, ada yang diulang beberapa kali baru bisa, sampai-sampai saya harus tersenyum, tertawa, hingga jengkel, tapi juga nggak tahu harus berbuat apa. Namun, Alhamdulillah lancar untuk hari pertama.

Dari penugasan tersebut pelajaran yang dapat saya petik adalah ternyata mereka juga harapan-harapan yang menurut saya simpel dan tidak muluk-muluk sesuai dengan profesinya, misalnya polisi lalu lintas punya harapan para pemakai jalan harus mematuhi peraturan lalu lintas, supir angkutan punya harapan agar BBM nggak naik lagi atau kalau bisa turun terus, tukang sayur berharap dagangannya laku biar dia bisa balik modal, tukang parkir berharap bisa membiayai sekolah anaknya supaya anaknya nanti nggak jadi tukang parkir seperti dia, mahasiswa berharap uang kuliah nggak mahal-mahal dan kuliahnya cepat selesai, dan buruh berharap upahnya sesuai dengan UMK.

Bagi saya setiap manusia punya harapan itu sesuatu hal yang wajar, berarti mereka masih punya kemauan untuk mencapai harapan-harapannya itu. Meskipun harapan mereka akhirnya nanti mentok menjadi sebuah harapan kosong. Soal terkabul atau tidaknya harapan itu sih, wallahualam bi sawab...Only God Knows!!

Lalu apa harapan saya sendiri untuk tahun 2009 nanti? Yang pasti saya berharap agar tahun depan menjadi lebih baik daripada tahun ini, yang sulit menjadi mudah, yang jauh menjadi dekat. Intinya saya ingin menjadi seseorang yang hidup bahagia dan bisa mencapai kebahagiaan saya. Amin.

Label: , ,

posted by ANGGUN PUSPITA @ 12/10/2008 03:46:00 PM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
My Life is My Love, My Happiness, My Pain, My Soul, My Dreams and My Imagine...
The Real Me

It's Me: ANGGUN PUSPITA
Live at: Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Just to Say: Saya orang yang apa adanya dan ga suka yang neko-neko...saya tidak peduli dengan penilaian atau yang orang pikirkan tentang saya, karena saya hidup tidak dengan penilaian mereka.That's it!!
Let's See My Profile
..QUOTES..

Life is a blank page. Each person holds their pen and writes their own story.

..My Mood..
My Unkymood Punkymood (Unkymoods)
..Anggun's Facebook..
Profil Facebook Anggun Puspita
Story Box
Turn Back Time
Partnership Link
My Favorite
Recent Comments
COMMENT, PLEASE...???

ShoutMix chat widget
My Heart Singing


MusicPlaylist
Music Playlist at MixPod.com

Site Meter
Go To Chat
Idwebtemplate.com
Virgo for Today
Guest From...
Powered by

BLOGGER